Memahami Komposisi Fotografi

Memahami Komposisi Pada Fotografi

Assalamualaikum wr wb
   Berjumpa lagi dengan blog saya yang sederhana ini. Kali ini saya akan membagikan artikel dengan pokok bahasannya adalah komposisi pada fotografi...
-Latar Belakang-
   Sejak diperkenalkannya fotografi pada tahun 1826, dimana pada saat itu fotografi dikenal sebagai kajian ilmu yang sangat baru dan awam bagi masyarakat duni. Seiring berjalannya waktu kini fotografi berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan teknologi yang sangat canggih pengambilan gambar kini dilakukan hampir setiap 24 jam, dengan teknik pencahayaan pengambilan gambar akan terlihat lebih mudah.

-Maksud dan Tujuan
   Setelah membaca artikel ini, pembaca diharapkan bisa atau mampu
 a. memahami apa itu fotografi
 b. memahami apa itu komposisi
 c. mampu menerapkan atau mempraktikkan langsung dilapangan
_________________
Apa itu Komposisi???
   Secara arti sederhana, Komposisi adalah susunan. Sedangkan Komposisi pada fotografi memiliki arti susunan gambar dalam batasan satu ruang. Atau bisa juga Komposisi diartikan sebagai cara menyusun elemen-elemen objek foto yang penting secara keseluruhan yang ada dalam foto.
Tujuan Mengatur Komposisi Dalam Fotografi
 1. Dengan mengatur komposisi foto, kita juga dapat membangun kesan menarik suatu foto dan keseimbangan keseluruhan objek foto.
  2. Menyusun perwujudan ide menjadi sebush penyusunan gambar yang baik sehingga terwujud suatu kesatuan (unity) dalam karya.
 3. Melatih kepekaan mata untuk menangkap berbagai unsur dan mengasah rasa estetik dalam pribadi pemotret.


Elemen atau unsur penting dalam Komposisi:

   1. Garis
   Komposisi ini terbentuk dari pengemasan garis secara dinamis baik garis lurus, melingkar/melengkung. Biasanya komposisi ini bisa menimbulkan kesan kedalaman dan kesan gerak pada sebuah objek foto. Ketika garis-garis itu digunakan sebagai subjek yang terjadi adalah foto menjadi menarik perhatian.

   2. Bentuk
    Komposisi ini biasanya dipakai fotografer untuk memberikan penekanan secara visual kualitas abstrak terhadap sebuah objek foto. Biasanya bentuk yang paling sering dijadikan sebagai komposisi adalah kotak dan lingkaran.
   3. Warna
    Warna memberikan sebuah kesan yang elegan dan dinamis pada sebuah foto apabila dikomposisikan dengan baik. Kadang kala komposisi warna dapat pula memberikan kesan anggun serta mampu dengan sempurna memunculkan "mood color" (keserasian warna) sebuah foto terutama pada fot-foto "pictorial" (foto yang menonjolkan unsur keindahan)
 4. Gelap Terang 
  Komposisi ini sebenarnya dipakai oleh fotografer pada era fotografi analog. Namun sekarang ini, ditengah-tengah era digital, komposisi ini mulai diterapkan kembali.
  5. Tekstur
   Tektur merupakan tatanan yang memberikan kesan tentang keadaan permukaan suatu benda (halus, kasar, beraturan, tidak beraturan, tajam lembut dsb)
   Penerapan Komposisi dalam Fotografi
 1. Rule Of Third
   Rule of third adalah aturan umum fotografi, bidang foto sebenarnya dibagi menjadi 9 bagian yang sama. Sepertiga bagian adalah teknik dimana kita menempatkan objek pada sepertiga bagian bidang foto



2. Point Of Interest
   Point of interest adalah fokus/titik utama dalam sebuah foto dimana titik tersebut yang menjadi inti cerita dari foto. Ketika kita melihat karya foto, pertama kali mata berhenti disalah satu titik atau pertama kali mata tertuju, berhenti, baru kemudian menjelajah seisi foto, titik itulah yang disebut POI (Point Of Interest)

 POI bisa juga ditunjukkan dengan permainan warna seperti gambar diatas, terlihat bunga matahari berwarna cerah terlihat begitu kontrad dibanding bunga matahari lainnya
 -Kesimpulan-
    Komposisi pada fotografi memiliki unsur atau elemen penting juga selain cahaya, yaitu garis, warna, bentuk, gelap terang, dan tekstur. Dan dalam penerapannya terbagi menjadi dua yaitu Rule of third dan Point of interest.

 -Referensi-

http://alvin4blc.blogspot.co.id
 Sekian dulu postingan saya kali ini, sebenarnya artikel tentang komposisi ini
masih sangat panjang, namun saya sudah lelah dan insya allah besok saya 
lanjutkan lagi.
Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua...
-Wassalamualaikum

Share:

0 komentar